Friday, March 11, 2011

Pengulangan while,Do-while dan For


Pembahasan perulangan di Java mulai dari WhileDo-while dan For sudah kita bahas satu persatu. Sekarang saatnya membandingkan untuk mengetahui perbedaan utama dari ketiga perulangan tersebut.

  1. Perulangan For, program hanya akan menjalankan inisialisasi sebanyak satu kali kemudian akan dicek pada pernyataabn kondisi, bila kondisi bernilai benar maka modifier akan dijalankan diikuti dengan pernyataan. Setelah itu program akan kembali melakukan pengecekan kondisi dan apabila masih bernilai benar akan dilanjutkan dengan menjalankan modifier dan pernyataan. Program akan berputar mengecek kondisi, modifier dan pernyataan. Lalu sampai kapan ? Tentunya sampai kondisi tidak terpenuhi atau bernilai salah. Makanya kita kadang menemukan program yang outputnya tidak berhenti karena perulanganya berjalan terus. hal itu disebabkan karena kondisi selalu bernilai benar.
  2. Perulangan While, Pada perintah While  pengecekan dilakukan pada awal blok dan pengulangan akan berhenti ketika kondisi "false".
  3. Perulangan Do-While, Pengecekan dilakukan di akhir blok, danpengulangan akan berhenti jika kondisi "false".
  4. Persamaan Perulangan While dan Do-While adalah hanya menggunakan 1 parameter. Meskipun demikian tetap menghasilkan perulangan yang sama dengan for yang menggunakan  3 buah parameter . Hal ini dikarenakan bagian inisialisasi dan modifiernya kita masukkan dalam baris program biasa sehingga hasil outputnya pun tetap sama dengan menggunakan for.

No comments:

Post a Comment

Adsense