Wednesday, May 4, 2011

Vector

Vector
Kelas ArrayList diperkenalkan pada Java versi 1.2, sebagai salah satu kumpulan kelas yang digunakan untuk bekerja dengan sekumpulan koleksi objek. Jika akan bahas lebih lanjut tentang "kelas koleksi" pada bagian berikutnya. Versi awal Java tidak memiliki ArrayList, akan tetapi memiliki kelas yang sangat mirip yaitu java.util.Vector. Kita masih bisa melihat Vector digunakan pada program lama, dan dalam beberapa kelas standar Java, sehingga kita perlu tahu tentang kelas ini.
Menggunakan Vector mirip dengan menggunakan ArrayList. Perbedaannya adalah nama metode yang berbeda untuk melakukan tugas yang sama, atau nama metode yang berbeda untuk melakukan tugas yang sama.
Seperti ArrayList, suatu Vector mirip dengan array Object yang bisa berkembang jika diperlukan. Konstruktor new Vector() membuat vektor tanpa elemen.
Misalnya vec adalah suatu Vector. Maka :
  • vec.size() adalah fungsi untuk mengembalikan jumlah elemen di dalam vektor.
  • vec.addElement(obj) akan menambahkan Object obj di akhir vektor. Sama dengan metode add() pada ArrayList.
  • vec.removeElement(obj) menghapus obj dari dalam vektor, kalau ada. Hanya objek pertama yang ditemui akan dihapus. Sama dengan remove(obj) pada kelas ArrayList
  • vec.removeElementAt(N) menghapus elemen ke-N. N harus berada pada rentang 0 hingga vec.size() - 1. Sama dengan remove(N) pada ArrayList
  • vec.setSize(N) akan mengubah ukuran vektor menjadi N. Jika di dalam vektor terdapat elemen yang jumlahnya lebih banyak dari N, maka elemen lainnya akan dihapus. Jika lebih sedikit, maka tempat kosong akan diisi dengan null. Kelas ArrayList tidak memiliki metode seperti ini.
Kelas Vector memiiki banyak metode lagi, akan tetapi ini adalah metode yang sering digunakan.

No comments:

Post a Comment

Adsense