Tuesday, January 29, 2013

Aplikasi Java dengan Database Object menggunakan NeoDatis


Ketika kemampuan database yang dikombinasikan dengan kemampuan bahasa pemrograman berorientasi objek, hasilnya adalah object-oriented database management system (OODBMS). OODBMS memungkinkan programmer dengan bahasa pemrograman berorientasi objek untuk mengembangkan produk, menyimpannya sebagai objek, dan meniru atau memodifikasi obyek yang sudah ada untuk membuat objek baru dalam OODBMS. Dengan database yang terintegrasi dengan bahasa pemrograman, programmer dapat menjaga konsistensi dalam satu lingkungan, bahwa baik OODBMS dan bahasa pemrograman akan menggunakan model yang sama antara model database dan aplikasi.

Pada postingan kali ini saya akan memperkenalkan sebuah database objek yaitu NeoDatis.
NeoDatis ODB is an object database available the GNU Lesser General Public License, maka NeoDatis dapat digunakan dalam aplikasi gratis atau komersial. NeoDatis ODB tersedia baik untuk Java dan NET,. Yang terakhir masih dalam pengembangan.

Saat ini saya sedang membangun sebuah aplikasi degan database menggunakan Neodatis,dan sampai sejauh ini saya merasa tidak ada kendala dengan database objek ini, saya membangun aplikasi ini dengan bahasa pemrograman Java yang memang bahasa pemrograman berorientasi objek,jadi sangat menyenangkan sekali membangun aplikasi dengan bahasa pemrograman berorientasi objek dan databasenya menggunakan database objek pula.

Pada postingan ini saya akan mendemokan bagaimana cara kerja dari NeoDatis dengan menggunakan contoh kasus "Penerima mahasiswa baru"
Pada kasus ini saya akan melakukan CRUD pada data mahasiswa.

  • Langkah pertama Download Neodatis ODB, perlu diketahui NeoDatis ini berupa file bertipe Executable Jar File. NeoDatis ini bisa dijalankan sebagai database dan bisa dimasukan kedalam sebuah project sebagai sebuah library. 
 
  • Buat sebuah Project Baru,pada kasus ini saya beri nama "Data Mahasiswa"
  • Masukan Neodatis kedalam Library Project.
  • Buat susunan paket pada project seperti dibawah ini
  • Pada paket "data.mahasiswa.model" buat sebuah kelas dengan nama "MahasiswaModel" disinilah maksud dari "aplikasi dan database mengacu pada satu model yang sama" . Kelas MahasiswaModel ini adalah sebuah model data yang nantinya menjadi sebuah objek yang disimpan kedalam database. Isi kelas MahasiswaModel sebagai berikut :
  • Pada paket "data.mahasiswa.service" terdapat 2 buah kelas yaitu : kelas Koneksi & kelas DAO. Fungsi dari kelas Koneksi adalah membuka jembatan untuk Aplikasi dengan database dan fungsi dari kelas DAO adalah untuk melakukan CRUD data mahasiswa yang ada pada database.
          Isi dari  DAO sebagai berikut :


 isi kelas Koneksi

  • Pada paket "data.mahasiswa.view" terdapat kelas FormMahasiswa extends javax.swing.JFrame penampakannya sebagai berikut : 
 
   Pada kelas ini terdapat 4 method.
   1. Method dari aksi button "Save".
   2. Method dari aksi button "Update".
   3. Method dari aksi button "Delete".
   4. Method untuk meload data mahasiswa kedalam table

    Isi method no 1.

    Isi method no 2.
    Isi method no 3.

    Isi method no 4.


Silahkan Running Aplikasi!.
Untuk mengecek apakah data sudah tersimpan ke database atau belum caranya :
  • Jalankan file Neodatis yang sudah didownload (neodatis-odb-1.9.30.689.jar) dengan cara mengklik 2 kali.
  • Pilih NeoDatisODB
  • Pilih Open Database.
  • Pada file name diisi dengan  file database kita, file database secara otomatis digenerate oleh Neodatis dan disimpan didalam folder project kita,nama file database telah kita tentukan sebelumnya dikelas Koneksi. Pada aplikasi ini file database saya berinama "dataMahasiswaBaru".
  • PASTIKAN sebelum mengklik button connect aplikasi yang kita buat tidak dalam keadaan running, karena Neodatis tidak bisa diakses secara bersamaan oleh 2 atau lebih aplikasi yang berbeda.(Tidak multi thread)
Database "Data Mahasisw Baru"
Bagaimana mudahkan?? dengan menggunakan Neodatis kita tidak perlu repot - repot menginstall database saat akan menggunakan aplikasi ini,karena database kita sudah terinclude didalam aplikasi kita.

No comments:

Post a Comment

Adsense