Thursday, July 11, 2013

CRUD dengan JPA 2.0


Sebelumnya Saya ucapkan Selamat beribadah Puasa, semoga puasa kita diterima oleh Allah SWT. Amiinn.

       Java Persistence API, atau disingkat JPA, adalah kerangka bahasa pemrograman Java yang berfungsi untuk mengelola data relasional dalam aplikasi menggunakan Java Platform Stkandar Edition dan Java Platform Enterprise Edition untuk disimpan ke dalam database relasional. Versi terbaru JPA adalah versi 2.0 (Desember 2009).
         JPA tidak tergantung dengan database, apapun databasenya, kita tetap bisa mempraktekan tutorial ini. Disini saya akan membuat contoh sederhanan CRUD dengan menggunakan database Mysql.
Mari kita mulai ,yang pertama adalah membuat database, untuk membuat database di MySQL caranya cukup sederhana, menggunakan perintah : create database <Nama database>  pada kasus ini database kita bernama “jpa-crud”.
       Untuk tabel nya kita tidak perlu buat, biar nanti JPA yang akan membuatkannya,disini saya hanya membuat satu tabel yaitu tabel Mahasiswa, untuk bagaimana membuat banyak tabel yang saling berelasi dan bagaimana teknik query  di dalam JPA ?? InsyaAllah dipostingan selanjutnya dan mudah - mudahan masih dibulan yan penuh Berkah ini.
      Mari sekarang kita buat Project dari aplikasi kita. Kita buat sebuah project Java Application di NetBeans, caranya lewat menu : File -> New Project, lalu pada bagian Categories pilih Java dan bagian Project pilih Java Application. Setelah itu beri nama projectnya, dan jangan lupa untuk otomatis membuat Main Class seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :


Selanjutnya kita buat Persistence Unit
Caranya pilih Klik kanan pada Project yang kita buat - >File -> New File, lalu pada bagian Categories pilih Persistence dan pada bagian File Types pilih Persistence Unit. Beri nama persistence unitnya “JPA-CRUDPU” ini bisa disesuaikan dengan keinginan kita, setelah itu pilih Persistence Librarynya menjadi Eclipse Link (JPA2) , untuk Library yang lain seperti Hibernate hanya mendukung JPA1 maka dari itu disini kita pilih Eclipse Link (JPA 2.0).



Pada bagian Database Connection, klik comboboxnya lalu pilih Create New Database Connection untuk membuat koneksi baru. Koneksi yang akan dibuat adalah koneksi ke database yang sebelumnya kita buat :
Untuk Drivernya kita menggunakan MYSQL (Connector/J Driver) - > next
Pada textField jdbc url : isikan nama database yang telah kita buat sebelumnya.



Setelah selesai kita buat Persistence Unit maka otomatis terdapat file bernama persistence.xml pada paket META-INF.
Untuk selanjutnya kita buat Entity kelas pada paket model, jadi nantinya kelas – kelas inilah yang akan menjadi tabel pada database. Untuk membuat sebuah class Entity caranya lewat menu File -> New File. Lalu pada bagian Categories pilih Persistence dan pada bagian File Types pilih Entity Class. Kali ini saya membuat sebuah entitas Mahasiswa dan untuk primary key-nya saya gunakan String :



Modifikasi kelas Mahasiswa menjadi seperti dibawah ini :



Setelah membuat kelas Entity, sekarang kita buat class Service. Seperti dibawah ini :


Pada konstruktor kita menciptakan variable bertipe EntityManagerFactory, pada method CreateEntityManagerFactory memiliki satu parameter disana kita isi dengan “JPA-CRUDPU” ini disesuaikan dengan Presistence Unit Name pada file Persistence.xml yang terdapat pada paket META-INF yang sudah kita buat sebelumnya.
      Selanjutnya kita buat kelas Controller pada paket controller, isi kelas Controller seperti dibawah ini :

 
Selanjutnya kita buat User Interface, disini kita beri nama DataMahasiswa, penampakannya  seperti dibawah ini :

Untuk penamaan variablenya kita samakan seperti dibawah ini :



Beri aksi setiap Button seperti dibawah ini :

  • Button  Simpan :
  • Button Ubah :

  • Button Hapus :

Pada konstruktor kelas DataMahasiswa kita modifikasi sedikit menjadi seperti dibawah ini :

Masih di kelas  DataMahasiswa kita tambahkan method reset seperti dibawah ini :







Semua langkah – langkah sudah kita buat, mari kita coba untuk menjalankannya, jika sudah sesuai harusnya sudah bisa melakukan CRUD :

Sekian Tutorial CRUD dengan menggunakan JPA 2.0, Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Adsense